KAU

Kau jadi sesok orang yang haus akan ilmu tetapi kau tetap menjadi orang yang kelihatan belum berilmu itulah prisip hidup yang bagus, ktrik dan nasehat harus dibedakan,tetapi kau tidak tau  apakah kritik atau nasehat, tetapi sesungguhnya sesama muslim adalah saudara” jadi sepantasnya salaing menasehati atau mengkritiki dalam hal kebaikan.

Sungguh indah hari-hari kau,diselimuti dengan hidup kenyaman. Lingkungan kau diselumuti dengan rasa kedamaian dan kondusif sehingga belajar agama hanya untuk diri sendiri oh tidak alangkah egois  diri kau,Permasalahan kecil dibesarkan, apakah kau tau lingkunagan diluar sana telah menyiksa kau.lihatlah problematika umat saat ini.

  1. Pergaulan bebas (porno,aborsi,aid) 63% remaja  sudah melakukan sek bebas data tahun 2008
  2. Narkoba (sakau,panti rehabilitasi) 3,8 juta orang 89%nya pemuda
  3. Hedonisme kian berkembang
  4. Kriminalitas (genk,tawuran,penjara,tewas)

Inilah problematika saat ini.manakah fungsi aktivis dakwah, aku rindu kau. Apakah kau hanya hanya soleh sendiri dan hanya nyaman hidup kondisi sekarang, jika diluar sana sudah menanti kau untuk merasakan dan mencicipi manisnya dakwah kau.tatapi kenapa kau hanya berkutat pada permasalahan yang kecil  padahal permasalahan besar menanti kau.permasalahan hijab kau permaslahkan padahal sampai-sampai berdebat ini manah batasan kau dan diri kau, menurut kau ini bisa diselesaikan antara aktivis dakwah.ketika permasalahan besar  menunggu tetapi kau masih berdalill  ini ranah kerja siapa dan siapa yang harus bertanggung jawab semua ini. kalau berbuat lebih cepat meminta ijin dulu agar direstui kau dalam berbuat, menurut kau ini kerja yang lambat oh sungguh tragis. Dimanakah Aktivis Dakwa berada apakah kau tidur dalam kenyaman, berbuatlah untuk Islam ini dan  umat ini. berbuatlah karena bisa jadi kau besok tidak bisa berbuat , sehari kehidupan kau setahun kehidupan umat.

padahal Allah telah berfirman

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeruh kepada kebaikan, menyeruh kepada yang  ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung”( surat Ali imran 3:104).

“kalian adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan untuk manusia, menyeruh yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah”(Ali imran 3:110)

Apakau kau tau sesungguhnya dakwah adalah tugas yang amat mulia.tugas warisan para nabi dan rasul. Allah mengesakanbahwa tidak ada perkataan yang lebih baik dari pada menyeruh pada manusia.

Bangunlah-bangunlah aktivis dakwah apakah kau nyaman dengan kondisi sekarang ini atau hanya banga menyandang lebel aktivis dakwah supaya dibilang keren.Permasalahan kau lebih banyak dan lebih besar, dari padah mempermaslahkan yang kecil yang di konsumsi hanya untuk diinternal kau.

 

Peran Para pemana Saat pertempuran perang badr dan kesalahan fatal dalam pertempuran

Datasement  parah pemana yang diangkat rassululah shallahu Alahi wa Salam  dan ditempatkan diatas bukit mempunyai peranan yang sangat besar dalam membalik genderang untuk kepentingan muslim. Kavalari Quraisy yang dipimpin Khalid bin Walid dan ditopang oleh Abu Amirsi Fasik melancarakan serangan tiga gelombang untuk menghancurkan sayap kiri pasukan  Muslim. Sebab jika sayap itu bisa digepur, maka inti pasukan Muslim dapat dimasuki, Sehingga barisan meraka bisa dibuat kocar-kacair dan bisa dipatikan bisah kalah telak. Namun setiap kali ada gelombang serangan, para pemanah yang berada diatas bukit menghujani musuh dengan anak panah, hingga dapat menggagalakn tiga kali serangan musuh.beginah roda pertempuran yang terus berputar dimana pasukan muslim yang jumlahnya kecil justru menguasi keadaan, sehingga menurunkan ambisi kaum musyirikin, dan membuat barisan merka berlari kekanan dan kekiri, kedepan dan kebelakang. Seakan-akan pasukan yang kecil mengalakan pasukan yang besar.

Pada saat pasukan islam yang kecil tinggal meraih kemenangan sebentar lagi atas pasukan quraisy, yang niali kemanengan tidak akan kalah sedikit pun dari kemenangan yang perang badr.terjadi kesalahan fatal yang dilakukan parah pemanah. Sehingga menimbulkan keadaan secara total dan akhirnya menimbulkan kerugian yang amat banyak bagi kaum muslim, bahkan hampir saja menyebabkan kematian nabi muhamad SAW. Padahal pada waktu itu Nabi Muhamad Saw sudah mengutarkan teks perintah yang  isinya sangat keras terhadap parah pemanah, agar mereka berada diatas bukit, dalam keadaan menang ataupun kalah. Sekali pun sudah adah perintah tegas ini tetapi pasukan pemah tidak menghiraukan itu karena pasukan muslim yang lain sudah mengambil harta rampasan dari pihak musuh. Padahal komandan meraka Abudllah bin jubair mengingatkan perintah rasulullah Saw kepada mereka..tetapi meraka tidak memperdulikan peringatan itu. Dan mereka berkata “demi Allah, kami akan bergabung dengan meraka agar kita mendapatkan bagian dari harta rampasan itu”

Dari kisah diatas kita dapat mengambil sebuah hikmah yang kita dapat ambil pertama  bahwa dalam dakwah yang di butuhkan adalah orang-orang yang berkomitmen  dan totalitas tinggi untuk memperjuangan agama Allah ada kalahnya kita harus memiliki semangat satu orang mewakili seribu orang, dalam membangun sebuah perdaban islam dibutuhkan orang yang cepat tanggap dengan keadaan sekitar. Dalam melaksanakan agenda-agenda dakwah tidak harus menunggu orang banyak dahulu baru kerja yang dibutuhkan adalah keseriusan dalam melaksanakan proses-proses agenda-agenda dakwah tersebut. Kemudian jika kita sudah melaksanakan agenda-agenda dakwah, jika hasilnya tidak memuaskan maka kita harus tetap semangat karena amal itu tidak menilai banyak sedikitnya orang. Dalam konteks amal ada yang dikenal adalah selalu menjaga amal artinya bahwa sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Kedua adalah perlunya sebuh strategi dalam menjalankan agenda-agenda dakwah supaya memiliki efek yang besar karena dengan adanya strategi maka dakwah tersebut akan memiliki tujuan sehinga memiliki peta dalam sebuah perjalan agar tidak tersesat. Hikmah yang ketiga adalah dalam sebuah oragnisasi perlu seorang pemimpin dalam mengambil sebuah tindakan dan harus memang benar-benar matang dalam mengambil sebuah keputusan, dalam organisasi perbedaan pendapat adalah hal yang wajar karena itu adalah sunatulah tetapi disini adalah pentingnya sebuah pemimpin agar perbedaan pendapat tersebut menjadi sebuah potensi yang luar biasa, jika keputusan seorang  pemimpin sudah dipertimbangakan dengan matang maka yang harus dilakukan oleh anggota adalah wajib mentaatinya dan melaksanakan jika itu perintah kemudian  jangan sampai tidak mentaati sebuah perintah seorang pemimpin karena keegoisan individu dan kepentinagn duniawi. Dalam menjalankan suatu roda organisasi yang perlu diperhatikan adalah suara komunikasi terpusat pada pemimpin sehingga tidak menyebabkan komunikasi kemana-mana dan menyebabkan suara terpecah-pecah. jika itu perintah pemimpin yang berbentuk rahasia maka seluruh anggota wajib menjaga kerahasian tersebut demi berlangsungnya sebuah tujuan organisasi tersebut.

Ketika matahari mulai terbenam

Tetesan-tetesan air telah membasihi seluruh kampus politekniktelkom,ketika matahari mulai terbenam dan azan sudah mulai berkumandang.disinihlah deti-detik memagang kabel UTP , memegang suatu alat yang dinamakan crimping tools,lan tester dan RJ45.set.set jangan pegang dulu dong kabelnya kata seseorang timbal dari belakang.ya benar sebelum memegamng kabel ini dan peralatan yang lain silahkan tunggu teman-teman yang lain,sangat benar sekali timbal dari belakang karena kebersamaan mungkin(haha).makanya ditunggu yang lain pada belum datang.

Biasa sebelum mulai,seseorang didepan sendiri berkicau dulu didepan agar ada penjelasan sedikit,biar gak kesetrum sama listrik(haha bercanda) ketika memegang alatnya.penjelasan yang singkat dapat meningkatkan pemahaman(loh-loh).baru dijelasin yang isinya yang pertama jenis pengkabelan ada tiga,kabel straight trought atau straight, cross over atau cross dan rool over nah kali ini yang dipakai adalah cross over ini digunakan divice yang sama atau sejenis.perbedaan kabel UTP dan STP  terletak dari fisiknya,harga,letaknya kalau UTP indoor dan STP outdoor karena STP memiliki lapisan logam.RJ45 berfungsi sebagai penghubung fort device.terster  digunakan sebagai alat uji.crimpings tool digunakan untuk mengkrimping pada RJ45 menusuk kekabel.baru deh memulai langkah-langkah mengcrimpimping langkahnya sebagai berikut:

1.           Kulupas kulitnya kabel utp

2.           Disesuaikan standar apakah T65A atau T65B

3.           Setelah standar benar maka dipasang ke RJ45

4.        Baru deh dicrimping pakai crimping tools

5.        Tahap terakhir berhasil atau tidak hasil crimping kita maka gunakan lan taster

S         etelah memulai dan memegang masing-masing peralatan,baru ruangan terasa dipasar dan suara gemuru banyak yang panik lari kesini dan kemari untuk bertnya gimana caranya memotong kabel ada yang mau pinjam perlatan crimping tools maklum disediakan sedikit jadinya berebutan apalagi tester disediakan Cuma dua,ya syukuri aja nikmat yang ada(kayak lagu demasiv)hahha.

Waktu menunjukan sudut 15 derajat banyak yang sudah menyelesaikan pekerjaanya.ternyata yang pertma kali adalah sahabat saya bisa menyelesaikan dalam waktu singkat.memang pantas paling thebest untuk masalah pengkabelan(mungkin pekerjaanya tukang kabel kali hahaha bercanda atau mau jualan kabel atau menjadi pemasang kabel ini hanya bercanda)juragan kabel bisa kaya lohh…nyantai aja.dengan berakhirnya pengkabelan berakhir juga deh crimping hari ini…..set set jangan senag dulu timbal dari depan saatnya kita posttest….hahahhah asyik,oke saja lah

 

Yuk kita dugem

Malam yang indah,mungkin inilah gambaran malam ini.suatu malam yang aku nantikan dan banyak orang yang tidak memiliki kesempatan menikmati malam ini.setelah sekian minggu aku beraktivitas menglami rutinitas kulia,organisasi,bisnis(haha sok sibuk).mungkin malam inilah tempat kita berekspresi,meluapkan kesenagan kita.disini saya bertemu dengan teman-teman lama yang seminggu sudah jarang bertemu.disinilah tempat mencurahkan rutinitas kita,perasaan kita sehingga timbul rasa kekeluargaan antara kita dan banyak solusi yang kita dapatkan pelajaran yang aku dapatkan.

Setelah terkumpul semua orangnya kini saatnya beraksi.ets…sebelum mulai kita sering dulu,ditanyain kabarnya dimana,gimana kondisi kulianya sambil ditengah adah makanan dan minuman kalau ada hehe.udah deh kita mulai belajar agama,loh kok belajar agama..kita kan dugem.jangan salah dulu.dugem itu adalah duduk gerombolan sambil melingkar atau yang kita kenal dengan liqo atau mentoring.set enak kan dugem…hahah makanya jangan berpikir negativ dulu.menurut DR elfiky pikiran mempengaruhi kondisi kita makanya selalu berpikir positif sehinga pekerjaan kita selalu positif.haha

Kenapa kita harus mentoring atau liqo Karena mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, sangatlah luas, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam,kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia. Karena mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, sangatlah luas, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam,kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia. Mentoring adalah sebuah grup diskusi terfokus, yang didalamnya terdapat interaksi- relasi antar insan, ada aspek manusiawi, serta hubungan interpersonal. Bisa jadi seseorang menjadi dewasa, tanpa mentoring, karena aspek pembentuk kedewasaan memang banyak, bisa jadi dia anak sulung, sebatang kara, dididik orang tua, atau memang sudah dilepas sedari kecil. Mentoring adalah proses “percepatan kedewasaan”, karena dengan mentoring, maka kita akan memperbesar “kapasitas berkomunitas” kita, memahami bahwa ternyata, karakter manusia itu beragam, menangani konflik komunikasi, hingga mampu bekerjasama walaupun terdapat perbedaan prinsip di satu sisi.( http://www.muadzbinjabal.co.cc)

Asyik bukan dugemnya(duduk gerombolan melingkar) set set salah maksunya mentoring atau liko..ayo mulai sekarang kita mentoring,agama kita pelajari supaya agmana islam tetap jaya…selamat mentoring